Rabu, 09 Februari 2011

MATERI INDONESIA

 KATA ULANG

Kata ulang berimbuhan atau kata ulang sebagian, yaitu bentuk pengulangan kata dengan mendapat awalan, sisipan, akhiran atau gabungan imbuhan sebelum atau sesudah kata dasarnya diulang.
Contoh :- berlari-lari - bermain-main- menari-nari - hormat-menghormati- bunga-bungaan - kekanak-kanakan
Kata ulang berubah bunyi atau bervariasifonem, baik vokal maupun konsonan.
Contoh :- lauk-pauk- serta-merta- warna-warni- gerak-gerik- mondar-mandir
Kata ulang suku awal atau dwipurwa, yaitubentuk pengulangan suku pertama katadasarnya, biasanya disertai variasi e pepet.
Contoh :- lelaki laki-laki ~ lalaki ~ lelakiè- sesamaè sama-sama ~ sasama ~ sesama- tetangga tangga-tangga ~ tatangga ~è tetangga
Selain bentuk kata ulang di atas, terdapat kataulang semu atau kata dasar berulang.
Contoh :- cumi-cumi - paru-paru- laba-laba - pura-pura- biri-biri - kura-kura- kupu-kupu- kunang-kunang
Makna kata ulangMenyatakan banyak tak tentu.Contoh :- gunung-gunung- daerah-daerah- gerak-gerik- rumah-rumah- pepohonan
2. Menyatakan sangat.Contoh :- rajin-rajin - besar-besar- kuat-kuat - manis-manis
3. Menyatakan saling, berbalasan ataupekerjaan dilakukan oleh dua pihak.Contoh :- kunjung-mengunjungi- tuduh-menuduh- tolong-menolong
4. Menyatakan paling atau intensitas.Contoh :- sebaik-baiknya- setinggi-tingginya- sebanyak-banyaknya
5. Menyatakan tiruan atau menyerupai.Contoh :- orang-orangan- siku-siku- rumah-rumahan
6. Menyatakan bersenang-senang atau santai.Contoh :- duduk-duduk - minum-minum- membaca-baca - tidur-tiduran- berjalan-jalan - berbaring-baring
7. Menyatakan dikenai sifat atau agak.Contoh :- kebarat-baratan- kemalu-maluan- kehijau-hijauan
8. Menyatakan himpunan pada kata bilangan.Contoh :- dua-dua- lima-lima- banyak-banyak
9. Menyatakan agak….(melemahkan arti).Contoh :- Kepala pening-pening.- Badan sakit-sakit.- Jangan malu-malu.
10. Menyatakan beberapa.Contoh :- bertahun-tahun ia menunggu.- berhari-hari ia menanti.
11. Menyatakan terus-menerus.Contoh :- bertanya-tanya- mencari-cari
12. Menyatakan waktu.Contoh :- Pagi-pagi minum es.- Datang-datang marah.
13. Menyatakan makin atau bertambah.Contoh :- Lama-lama ia pingsan.- Meluap-luap amarahnya.
14. Menyatakan berusaha … atau penyebab.Contoh :- menyabar-nyabarkan diri.- menguat-nguatkan hati.- menahan-nahan amarah.
Soal-soal pelatihan :
Yang merupakan kata ulang semu adalah….a. buku-bukub. kupu-kupuc. pontang-pantingd. baris-berbaris
Jawaban : b
2. Buah-buahan yang dibeli Inul di Pasar Barumasih tampak segar. Buah-buahan dalamkalimat tersebut tergolong kata ulang….a. berubah bunyib. sebagianc. murnid. berimbuhan
3. Kata ulang yang menyatakan makna saling adalah….a. Salah satu ciri khas bangsa Indonesiadalam bermasyarakat adalah tolong-menolong.b. Anak itu melempar-lempar mainannya.c. Paman tidur-tiduran di atas sofa.d. Berbulan-bulan kakaknya tidak pulangdari perantauan.
Pembahasan :
Tolong-menolong ~ artinya saling menolongwMelempar-lempar ~ artinyaw terus-menerus atau berulang-ulang.Tidur-tiduran ~ artinya tindakanw dilakukan dengan santai.Berbulan-bulan ~ artinya menyatakan beberapa.w
Jawaban : a
4. Pengulangan kata yang menyatakan palingterdapat pada kalimat….a. Pemusik-pemusik di era Indonesia baru inibanyak bermunculan.b. Mereka selalu berupaya untuk menciptakanlagu dengan sebaik-baiknya.c. Penyanyi-penyanyi muda dan ceria selalutampil dengan gaya yang berbeda.d. Mereka kenal-mengenal sebelum mulaipertandingan.
Pembahasan :
Pemusik-pemusik maknanya banyak pemusik.wSebaik-baiknya maknanya palingw baik.Penyanyi-penyanyi maknanya banyakwpenyanyi.Kenal-mengenalw maknanya saling mengenal.
Jawaban : b
5. 1. Di Taman Buah Mekarsari pohon-pohonan ditata dalam pola daunlamtorogung sebagai simbol tanamanserbaguna.2. Para petugas taman buah itu bekerjadengan segiat-giatnya agar dapatmemperoleh hasil yang maksimal.3. Taman-taman di taman buah inidijadikan objek wisata baru bagi turismancanegara atau domestik.
4. Para pengelola taman buah ini berusahasekuat-kuatnya agar produk buah lokalmenjadi tuan rumah di negeri sendiri.
Makna pengulangan kata yang menyatakan banyak dan bermacam-macam terdapat pada kalimat nomor….a. 1 dan 2 b. 1 dan 3c. 2 dan 3 d. 2 dan 4
Pembahasan :
1. Pohon-pohonan maknanya bermacam-macam.2. Segiat-giatnya maknanya sangat ataupaling.3. Taman-taman maknanya banyak.4. Sekuat-kuatnya maknanya sangat ataupaling.
Jawaban : b
5. Adik saya mempunyai mobil-mobilan antik yang tidak dimiliki oleh teman sebayanya.Makna kata yang tercetak miring tersebut adalah….a. palingb. berulangc. banyakd. menyerupai
Pembahasan :
Kata mobil-mobilan memiliki maknamenyerupai.
Jawaban : d
6. Warna bajunya kebiru-biruan serasi dengan kerudungnya. Makna kata kebiru-biruan dalam kalimat tersebut adalah….a. sangatb. amatc. agakd. banyak
Pembahasan :
Kata kebiru-biruan memiliki makna agak biru.
Jawaban : c
7. Eva berperilaku kebarat-baratan sehinggatidak disenangi oleh teman-temannya.Makna kata ulang yang sama dengankalimat tersebut adalah….a. Buku-buku itu telah kusimpan dalam rak.b. Halaman rumahku ditanami denganpohon buah-buahan.c. Sikap gadis itu masih kekanak-kanakan.d. Wati tampak kurus karena sakit-sakitan.
Pembahasan
Buku-buku bermakna banyak.Buah-buahan bermakna bermacam-macam.Kekanak-kanakan bermakna menyerupai.Sakit-sakitan bermakna intensitas atausering.
8. Sampai kini masyarakat hanya tahu bahwa pohon-pohon di hutan ditebang dan diambil kayunya. Arti kata ulang pada kalimat tersebut adalah….a. seluruh pohonb. sebagian pohonc. banyak pohond. sedikit pohon
Pembahasan :
Kata ulang pohon-pohon bermakna banyakpohon.
Jawaban : C
9. Batu-batu cadas merintih kesakitan karena ditikam belatinya. Kalimat yang menggunakan bentuk pengulangan sama dengan kalimat tersebut adalah….a. Mentari pagi menyinari dedaunan.b. Buku-buku itu berserakan di lantaikamarnya.c. Pagar di lahan pemukiman itu rapi-rapi.d. Orang itu duduk-duduk saja di teras.
10. Kalau kakimu sakit, kamu boleh berjalanpelan-pelan. Kata ulang dalam kalimattersebut yang semakna dengan kata ulangdalam kalimat tersebut adalah….a. Ia belajar sambil makan-makan.b. Angkatlah gelas itu tingi-tinggi.c. Bawalah buku itu satu-satu ke tempatnya.d. Murid-murid belajar dengan tekun.
Pembahasan :
Makan-makan bermakna banyak tak tentu.Tinggi-tinggi bermakna intensitas atau sangat.Satu-satu bermakna himpunan.Murid-murid bermakna banyak tak tentu.
11. Batu-batuan yang telah dibersihkan oleh para perajin dibentuk kemudian digosok-gosok sampai terlihat mengkilap.Makna pengulangan kata yang tercetak miring pada kalimat tersebut adalah….a. banyak, melakukan pekerjaanb. menyerupai, salingc. bermacam-macam, berkali-kalid. kumpulan, saling
Pembahasan
Batu-batuan bermakna menyatakanwbermacam-macam.Digosok-gosokw bermakna menyatakanberkali-kali.
Jawaban : C
12.Kata ulang dalam kalimat berikut yang bermakna “saling” adalah….a. Begitu mereka bertemu, langsungmereka bersalam-salaman.b. Para siswa dididik bersopan santun.c. Angkutan umum banyak mengambiltrayek Merak Serang pulang-pergi.d. Ia pekerjaannya hanya mondar-mandir.
Siswa-siswi SMP Taruna pada liburan kemarin berpiknik ke Pantai Carita. Di sana mereka melihat-lihat pemandangan yang masih alami. Ombak berkejar-kejaran di tepi pantai. Daun nyiur melambai-lambai dari kejauhan. Kesemuanya itu membuat para pengunjung Pantai Carita terkesima.
Pembahasan :
Siswa-siswi merupakan kata ulang berubahfonem, yang bermakna banyak siswa.
Jawaban : A
Di sana mereka melihat-lihat pemandangan yang masih alami. Makna kata ulang pada kalimat tersebut adalah….a. menyatakan banyakb. menyatakan berkali-kalic. menyatakan tiruand. menyatakan tidak dengan sungguh-sungguh.
Pembahasan :
Kata ulang melihat-lihat bermaknamenyatakan berkali-kali melihat.
Jawaban : B
15. Kata ulang yang bermakna menyatakan paling terdapat pada kalimat….a. Mereka berusaha belajar sebaik- baiknya.b. Ia hanya membaca buku-buku LKS.c. Dia mendengarkan musik sambil tidur- tiduran.d. Pemain-pemain sepak bola itu berkumpul di rumahnya.
Pembahasan :
Sebaik-baiknya bermakna paling.wBuku-buku bermaknaw banyak.Tidur-tiduran bermakna santai.wPemain-pemain bermaknaw banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar